SudutMakassar.id, MAKASSAR – Sebanyak 34 peserta telah menyelesaikan seluruh tahapan seleksi untuk memperebutkan sembilan jabatan eselon II yang dilelang Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.
Jabatan yang dilelang antara lain Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Kepala Dinas Penataan Ruang.
Selain itu, juga terdapat jabatan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA), Sekretaris DPRD Makassar, serta Direktur Utama RSUD Daya.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Andi Zulkifly, mengatakan tim seleksi saat ini sedang merampungkan penilaian untuk menentukan skor akhir masing-masing peserta.
“Ada empat indikator yang menjadi dasar penilaian, yaitu rekam jejak, makalah, asesmen, dan wawancara. Hasilnya akan dirangking mulai dari posisi pertama hingga tiga besar untuk kemudian diajukan ke Wali Kota,” ujar Zulkifly, Selasa (3/9).
Menurut mantan Camat Ujung Pandang itu, seluruh tahapan seleksi sudah terlaksana, termasuk wawancara. Hanya saja, hasil penilaian asesmen dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) masih menunggu untuk dirampungkan.
“Rekam jejak dan makalah sudah ada nilainya, asesmen juga sudah selesai. Wawancara kemarin juga sudah terlaksana. Tinggal dijumlahkan seluruh skor sebelum diumumkan. Hasilnya nanti akan disampaikan sesuai urutan abjad, bukan berdasarkan rangking,” jelasnya.
Lebih lanjut, Sekda menambahkan bahwa dari tiga besar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin yang akan menentukan pejabat terpilih.
“Kemarin saya sudah laporkan ke Pak Wali. Beliau kemungkinan akan memanggil kandidat tiga besar untuk diwawancarai langsung. Apakah semuanya dipanggil atau hanya salah satu, itu menjadi kewenangan beliau,” tegasnya.
Proses seleksi ini ditargetkan selesai sebelum 8 September 2025, sehingga tiga besar dari masing-masing OPD sudah bisa diajukan ke Wali Kota.
















