Deskripsi gambar

Aliyah Mustika Ilham Terima Audiensi PT Bimasakti, Bahas Digitalisasi Pajak Daerah

Dukung Inovasi Digital, Pemkot Makassar Tekankan Transparansi dan Prosedur Pemerintahan

SudutMakassar.id, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Aliyah Mustika Ilham, menerima audiensi dari PT Bimasakti Multi Energi di Ruang Kerja Wakil Wali Kota, Balai Kota Makassar, Selasa (15/7/2025). Pertemuan ini membahas potensi kerja sama dalam pengembangan sistem digitalisasi pembayaran pajak dan retribusi daerah, sejalan dengan transformasi digital layanan publik yang tengah digencarkan Pemkot Makassar.

Perwakilan PT Bimasakti memaparkan berbagai layanan digital yang mereka tawarkan, termasuk sistem e-payment terintegrasi melalui tujuh pilar utama, yaitu:

  • Network Agent Provider
  • Biller Aggregator
  • Payment Gateway
  • Dompet Digital (E-Wallet)
  • QRIS Payment Processor
  • Penyelenggara Transfer Dana
  • On-Demand Service

Aliyah: Terbuka untuk Inovasi, Tapi Tetap Harus Sesuai Mekanisme

Aliyah Mustika Ilham menyampaikan apresiasinya atas kunjungan dan tawaran kerja sama dari PT Bimasakti. Ia menegaskan bahwa Pemerintah Kota Makassar sangat mendukung inovasi, namun tetap menjunjung tinggi prosedur pemerintahan.

“Kami menyambut baik inisiatif ini, tetapi semua bentuk kerja sama harus mengikuti mekanisme yang benar. Kami akan koordinasikan dengan Wali Kota dan DPRD Kota Makassar untuk memastikan transparansi dan kepatuhan pada aturan yang berlaku,” ujar Aliyah.

Makassar Super Apps: Platform Resmi Pemkot untuk Layanan Digital

Dalam audiensi tersebut, Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar Andi Asminullah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Muhammad Roem, dan Kabag Perencanaan & Keuangan Riyadus Shalihin menegaskan bahwa saat ini Pemkot Makassar telah membangun sistem digital terintegrasi dalam Makassar Super Apps.

“Super Apps ini akan menjadi pusat integrasi layanan, termasuk urusan pajak dan retribusi. Aplikasi ini telah tersedia di iOS TestFlight dan akan segera diluncurkan secara resmi,” jelas Roem.

Super Apps tersebut dirancang agar benar-benar digunakan masyarakat, mencakup fitur layanan kependudukan, info bank sampah, berita kota, pengajuan akta, hingga sistem pembayaran digital.

Komitmen Menuju Tata Kelola Modern dan Transparan

Sistem pembayaran non-tunai yang mulai diterapkan di berbagai sektor pelayanan juga menjadi bagian dari visi Pemkot Makassar dalam menciptakan tata kelola yang efisien, akuntabel, dan berorientasi pelayanan publik berbasis teknologi.

Turut hadir dalam audiensi ini, perwakilan dari PT Bimasakti Krisna dan Nabil, Siti Nurbaya Ayudia (DPP Partai Demokrat), Incess (Wakil Ketua Humas Media), serta Bambang dari staf tenaga ahli Kemenko Infrastruktur.

Deskripsi gambar
Deskripsi gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Deskripsi gambar